Ikuti Slogan Trump, Prabowo Untung atau Buntung 

Ikuti Slogan Trump, Prabowo Untung atau Buntung

Jakarta – Slogan ‘Make Indonesia Great Again’ yang dilemparkan Prabowo Subianto dipandang dapat jadi pisau bermata dua buat calon presiden nomer urut 02 itu. Slogan itu bisa jadi membuat untung, tetapi dapat juga membuat Ketum Partai Gerindra itu buntung.

Opini diatas dikatakan Direktur Eksekutif instansi survey Median, Rico Marbun lewat pesan singkat, Jumat (12/10/2018). Rico menjelaskan, untung buntung itu berkaitan jalinan ‘Make Indonesia Great Again’ dengan slogan ‘Make America Great Again’ yang dipakai Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump waktu kampanye.

“Yang berkuasa saat ini di Amerika jelas Donald Trump,” katanya.

Dengan begitu, kata Rico, Prabowo akan dihubungkan dengan Trump yang sekarang ini berkuasa. Slogan itu tunjukkan tanda kedekatan eks Danjen Kopassus itu dengan presiden AS yang diusung Partai Republik itu.

“Tanda ini berarti Prabowo meskipun banyak di dukung oleh Islam politik, tetapi utamanya friendly dengan Amerika,” kata Rico.

Direktur Eksekutif instansi survey Median, Rico Marbun.

Direktur Eksekutif lembaga survei Median, Rico Marbun.

Menurut Rico, kedekatan itu sekaligus juga untuk mematahkan opini negatif yang awal mulanya dikasihkan AS pada Prabowo.

“Buat Prabowo sebetulnya ini sekali dayung dua tiga pulau terlampaui,” katanya.

Selanjutnya, Rico memiliki pendapat, slogan itu sekaligus juga berikan teguran serta framing pada petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena, Trump ikut diidentikkan sering berlaku keras pada China.

“Jokowi dapat diframe cukuplah dekat dengan China,” kata Rico.

Rico ikut menjelaskan, slogan ‘Make Indonesia Great Again’ bisa jadi senjata untuk memojokkan pemerintahan Jokowi. Terpenting, berkaitan kapasitas Jokowi yang menurut Prabowo belumlah dapat jadikan Indonesia ini hebat.

“Hingga Prabowo mesti bicara Indonesia Great Again. Ini terpenting sebab dalam pertempuran level negara, impresi postif dari dunia internasional cukuplah terpenting,” katanya.

Donald Trump serta tagline ‘Make America Great Again’.

Donald Trump dan tagline 'Make America Great Again'.

Akan tetapi di lain sisi, menurut Rico, slogan yang berkesan tunjukkan kedekatan Prabowo dengan Amerika itu dapat juga digunakan tim Jokowi. Mengingat, sampai kini jantung pergerakan Prabowo ialah Islam politik.

“Bukan rahasia, di kelompok islam politik kebijaksanaan Trump seringkali disimpulkan menjadi rasis serta islamofobia. Jika tau-tau dipadankan dengan Prabowo yang pilih slogan yang sama juga dengan Trump, jelas dapat melukai basis pemilih Pemula,” pungkas Rico.