Klopp Pelatih Asal Jerman Pertama yang Menangkan Piala Super Eropa 

Klopp Pelatih Asal Jerman Pertama yang Menangkan Piala Super Eropa

Jakarta – Liverpool keluar jadi juara Piala Super Eropa. Kesuksesan ini tempatkan Juergen Klopp jadi pelatih dari Jerman pertama yang memenanginya.

Liverpool menaklukkan Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB, melalui beradu penalti dengan score 5-4. Ke-2 team awalnya bermain seri 2-2 sampai waktu perpanjangan.

Kesuksesan ini jadi riwayat untuk Klopp. Ia tertera jadi pelatih pertama asal Jerman yang dapat mengusung trofi Piala Super Eropa.

Dettmar Cramer jadi pelatih pertama yang tampil di Piala Super Eropa. Saat itu ia membesut Bayern Munich, tetapi tidak berhasil memenanginya di tahun 1975 (kalah dari Dynamo Kiev) serta 1976 (kalah dari Anderlecht).

Udo Lattek jadi pelatih dari Jerman seterusnya yang tampil di Piala Super Eropa. Saat itu, Barcelona besutannya di tahun 1982 kalah dari Aston Villa.

Otto Rehhagel bawa Werder Bremen tampil di Piala Super Eropa pada 1992. Langkah ke arah tribune trofi tidak berhasil sesudah kalah dari Barcelona.

Ottmar Hitzfeld jadi pelatih dari Jerman paling akhir yang tidak berhasil mengusung trofi Piala Super Eropa. Ia tidak berhasil sesudah Bayern Munich roboh musuh Liverpool pada 2001.